Kesejahteraan Bersama



Berapa jumlah tim anda ? Itu pertanyaan yang selalu diberikan ke saya waktu bertemu dengan perusahaan asing. Saya hanya menjawab simple, kami hanya 20 orang.. We only have 20 people..

Tapi ternyata, jumlah 20 itu tidak dipandang sebelah mata oleh mereka. Great.. than you have 100 people depend on you. Saya bengong.

Benar juga sih. Kalau 1 orang saja menghidupi 4 orang, pasangan dan anak mereka, mungkin orangtua mereka. Maka ada 100 orang yang bisa hidup dari usaha yang kami kelola. 

Saya jadi berdecak kagum kepada kawan-kawan yang punya hingga ratusan bahkan ribuan dalam tim perusahaan mereka. Artinya benar-benar ribuan dan jutaan orang bisa bergantung dari sana. 

Maka tidak heran, usaha kecil sekalipun juga memiliki potensi dan membantu mensejahterakan banyak orang. Dalam satu usaha UMKM saja minimal 3-5 orang terlibat. Dan mereka saling bergantung satu dengan yang lain. Maka saya dan partner, selalu membuka diri, tiap kali ada tim kami yang mengajukan resign dan mau membuka usaha sendiri, saya malah dukung habis. Dulu ada yang bahkan sampai kami pinjami uang modal, dan bisa membeli barang via kami.

Saya hanya bisa berdoa kecil, semoga langkah kecil kami mengelola usaha tetap Tuhan ijinkan berlanjut..


 

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022