Dipotong Habis Untuk Berbuah Lebih Baik

 

Yohanes 15:2 TB

Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.


Beberapa minggu lalu, pohon ini ditebang oleh pengurus lingkungan, karena pohonnya yang lebat besar, akarnya yang kuat telah merambah kemana-mana, dan membuat pengurus harus memotongnya. Tidak tanggung-tanggung, hingga batas bawah dekat akar.

Saya waktu melihatnya, miris. Karena pohon ini yang membuat teduh salah satu pojok taman yang tidak terurus dengan baik selama ini, selain ada pohon cemara di sekitarnya. 

Lalu pagi ini saya lewat lagi, dan menemukan pohon ini mulai mengeluarkan cabang barunya, dan ini sangat menarik, saya pikir waktu ditebang habis seperti itu, tidak akan bertumbuh lagi.

Ayat ini juga menunjukkan demikian, akar yang kuat, super kuat, akan membuat pohon yang besar. Dan sekalipun pohon ini ditebang, hingga habis batangnya, masih ada kekuatan akar dan mungkin bahan makanan di dalam nya, yang bisa membuat dia kembali tumbuh. Lambat tapi tumbuh.

Saya hanya berharap, pohon ini akan tumbuh kembali, lebih baik dan meneduhkan taman kami kembali. 

Bukankah kita akan seperti itu? Ada saatnya kita kuat, berakar, dan mungkin akan dipotong, ditebas, hingga dekat batang, habis-habisan. Dan kita kepayahan, berusaha bangkit dan memperbaiki diri. 

Pohon ini menguatkan saya kembali. Ayat ini meneguhkan hati saya kembali, bahwa ada saatnya kita akan dipotong, agar lebih baik bertumbuh. Ada saat kita akan merasa habis-habisan, tapi Tuhan menguatkan dan menyuburkan kita kembali. Supaya kita lebih banyak berbuah...

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022