Jadilah Berkat


Salah satu jurus yang paling sering saya lakukan di masa sebelum pandemi adalah mengajak makan siang tim, percaya deh, ini kegiatan yang paling saya suka. Tapi semenjak pandemi, ya mendadak , hobby ini harus hilang.

Mengapa saya suka cara ini ? Pertama, ini santai, padahal saya tahu, tim yang diajak juga kadang-kadang dag-dig-dug kalau diajak hanya makan berdua saja, kata mereka, si bos mau ngomong. Tapi kadang cara ini memudahkan banyak hal bisa disampaikan. Bisa saja tersedak kalau yang dibicarakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi dalam banyak hal, cara ini menyelesaikan banyak kerumitan yang ada di kantor, terutama yang berhubungan dengan hubungan antar tim. 

Kedua, diskusi dua mata akan memudahkan kita mendiskusikan banyak hal. Termasuk urusan keluarganya. Saya ingat sekali banyak kasus pinjol dari tim , yang mengakibatkan saya dikejar-kejar pinjol. Setelah beberapa kali acara diskusi dgn tim terkait, maka muncullah beberapa hal 'why' mereka meminjam dari pinjol. Apabila urusannya terkait dengan dana untuk keluarga, maka saya menyarankan mereka meminjam saja dari kantor, jadi tidak rumit urusan dengan pinjol.

Ketiga. Membangun kepercayaan. Salah satu tujuan dari diskusi empat mata di meja makan adalah membangun kepercayaan. Dengan adanya kepercayaan, maka komunikasi selanjutnya akan berjalan lebih baik, komunikasi ini dibangun diatas dasar kepercayaan. 

Itulah sedikit banyak yang saya jalani, membangun kepercayaan melalui waktu-waktu makan siang bersama dengan tim, dengan customer bahkan dengan vendor, dari sanalah kita akan benar melihat bagaimana cara kita menjadi saluran berkat bagi orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022