Bos Lebih Ahli


 Bos selalu benar.. 

Itu kata-kata yang diucapkan salah satu tim saya, waktu saya mengkritisi pekerjaannya. 

Saya bilang, saya pun tidak bisa mengerjakan itu, dengan sempurna, tapi kita bisa mengerjakannya bersama dengan hasil lebih baik. Saya merevisi kalimat nya, dan mengatakan kalau saya pun tidak selalu benar. 

Kebetulan latar belakang saya adalah engineer, sehingga sewaktu Tuhan ijinkan saya membuka usaha dan mengelola tim engineer, saya pun merasa terpacu. Karena skill saya dulu, belum tentu sama dengan skill sekarang, dan saya pun harus terus belajar. 

Maka waktu itu, kami menetapkan kemampuan SELF LEARNING menjadi kemampuan utama yang harus dimiliki oleh tim, selain faktor dasar KEJUJURAN. Self learning sangat diperlukan dalam upaya agar bisa menjaga kemampuan masing-masing individu. Setelah SELF LEARNING, kami biasanya menyediakan waktu DISKUSI membahas berbagai hal yang telah mereka pelajari. 

Kemampuan harus tetap diasah, hingga sekarang pun, dimana kadang saya yang memulai belajar hal baru, tapi selanjutnya tim yang ada harus bisa mempelajarinya lebih detail. 

Ternyata, bos bukan lebih ahli kan, dan kita semua punya kesempatan yang sama untuk memperkaya skill kita masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022