Asal Bos Senang

Jawab raja Israel kepada Yosafat: "Masih ada seorang lagi yang dengan perantaraannya dapat diminta petunjuk TUHAN. Tetapi aku membenci dia, sebab tidak pernah ia menubuatkan yang baik tentang aku, melainkan malapetaka. Orang itu ialah Mikha bin Yimla." (1 Raja-raja 22:8)


Sebagai atasan, apa yang ingin ada dengar ? Yang menyenangkan saja, atau yang buruk saja, atau malah tidak mau dengar keduanya ?

Raja Israel kesal pada Mikha, karena hampir tidak pernah menyuarakan kebenaran. Apa yang disampaikannya, yang sebenarnya adalah perkataan Tuhan , tidak disukainya. Hingga dia merasa Mikha ini tidak seperti yang lain, nabi lain menyampaikan apa yang menyenangkan hati Raja.

Bukankah seringkali kita sebagai atasan juga demikian. Kita lebih suka mendengar yang kita ingin dengar, kabar atau update yang baik. padahal tidak, banyak hal yang tersembunyi bila kita mendapati tim kita ABS (Asal Bos Senang)

Mengapa demikian ?

Mungkin saja karena mereka lebih suka membuat ABS agar mereka dianggap. Demikian juga dengan para nabi (palsu) lain di jaman itu, mereka suka membuat nubuat versi mereka sendiri. Mereka tidak mengindahkan apa yang seharusnya disampaikan. 

Bila kita memiliki tim seperti ini, yang selalu ABS, maka percayalah, suatu saat, ini akan ketahuan, akan terbongkar. Dan akan lebih menyakitkan lagi bagi atasannya mengetahui kinerja dan perkataan tim nya selama ini hanya ABS belaka, bohong belaka. 

Salah satu nilai yang selalu saya pegang dalam memimpin tim adalah KEJUJURAN. Dan itu yang selalu saya berusaha lakukan juga dengan tim saya. Mereka akan melihat bagaimana saya pun harus siap dan jujur menghadapi banyak hal, termasuk mendengar dan bahkan mendapatkan perlakuan yang merugikan. 

ABS sekarang bukan saatnya lagi, tetapi sebaliknya kita harus ABW (Asal Bos Waspada). ABS membuat seluruh perusahaan, tim akan hancur pada saatnya. Tapi ABW akan membuat kita semua waspada dan bersiap diri. 

Maka dalam banyak rapat koordinasi internal tim, saya selalu meminta UPDATE dan MASALAH, karena update bisa saja untuk ABS, tapi MASALAH yang disampaikan, kendala, semua ini akan membuat kita lebih waspada dan mengambil tindakan yang tepat. MASALAH yang disampaikan biasanya langsung saya tanyakan usulan SOLUSI. 

Ajar tim kita untuk menghindari pola ABS, dengan melakukan update dengan jujur, menyampaikan masalah dan solusi nya. Maka tim kita akan semakin baik dari waktu ke waktu. 

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022