PAGI AKAN TIBA

 Yesaya 21:11-12


11  Ucapan ilahi terhadap Duma. Ada seorang berseru kepadaku dari Seir: "Hai pengawal, masih lama malam ini? Hai pengawal, masih lama malam ini?"
12  Pengawal itu berkata: "Pagi akan datang, tetapi malam juga. Jika kamu mau bertanya, datanglah bertanya sekali lagi!"

Di dalam kehidupan kita, ada kalanya kita merasa berputus asa. Tidak ada harapan, dan berusaha agar semua cepat berlalu, Berganti. 

Pernahkah kita mengalami mimpi buruk, dan yang satu-satunya kita harapkan adalah kita segera terbangun dari mimpi buruk kita. Pernahkah kita mengalami, kita sangat tidak nyaman, tidak bisa tidur di kala malam mencekam, dan mengharapkan pagi segera tiba. Hal-hal ini pernah saya rasakan kala kecil menginap di rumah paman yang sekelilingnya masih hutan lebat, tidak bisa kemana-mana, ketakutan mencekam tiap kali malam tiba, diiringi suara malam yang mencekam. Ingin cepat pagi rasanya. 

Ini juga yang pengawal rasakan, malam mencekam, meskipun tahu pagi akan tiba. Dia tahu dengan pasti bahwa pagi akan tiba tapi dia juga tahu, malam akan tetap kembali datang. Sesuatu yang tidak bisa dihindari. 

Ada kalanya kita terjebak dalam suasana seperti itu. Tidak ada jalan keluar, stuck. Meskipun kita tahu, bahwa nanti pasti juga akan ada jalan keluar. Akan ada penggantian suasana. 

Inilah namanya KESEMPATAN. Pada waktu suasana memburuk, tidak nyaman, apa sikap kita? Tetap berpikir POSITIF kah, mengharapkan yang TERBAIK akan segera tiba ?

Atau malah sebaliknya, semakin membuat segala sesuatu MEMBURUK, menyesali dan kemudian MENINGGALKAN KESEMPATAN untuk bisa bertahan dan berbuat baik. 

Ini juga yang kami rasakan di kala PANDEMI saat ini. Ada perasaan bahwa ini semua semakin memburuk. Target yang kita tetapkan TIDAK tercapai. Tapi apa daya, selain tetap BERUSAHA BEKERJA dengan SEBAIK mungkin. Karena kita tahu dengan pasti, malam = PANDEMI ini akan segera berlalu, berganti pagi  = HARAPAN BARU yang mungkin akan segera datang. 

Menanti VAKSIN yang mungkin perlu waktu 1 tahun lagi, tapi tetap berharap itu adalah sangat PENTING. Tetap bekerja dengan SEMANGAT adalah lebih penting, bukan MENYERAH kepada nasib, pada kondisi yang terjadi saat ini. 

Maka apabila anda adalah OWNER, PEMIMPIN, LEADER, SUPERVISOR, MANAGER, tetapah berharap yang terbaik, pasti dan percaya ada pagi akan menjelang, menggantikan suasana malam yang kita rasakan saat ini. 





Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022