Jurus Kelima Keluar Krisis : E-VOLT

Ibrani 10:24 (TB)  Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

https://alkitab.app/v/66a4e0055bbb



Kita sampai di jurus terakhir dari Keluar dari Krisis yang saya bisa bagikan. Yaitu E-VOLT, berasal dari kata EVOLUTION. Perusahaan yang bisa keluar dari krisis adalah perusahaan yang siap ber-evolusi, dan menjadi perusahaan dinamis.

Untuk menjadi perusahaan dinamis, maka kita sebagai pemimpin, leader, manager, direksi harus memiliki WINNING CULTURE. Dan salah satu yang terbaik dari budaya perusahaan adalah TEAMWORK (kerjasama). Ini yang sangat kita perlukan di kala krisis.

TEAMWORK sendiri dapat dibedah menjadi :
- Togetherness - kebersamaan untuk tujuan bersama. Pastikan tim kita punya tujuan bersama, visi bersama, terutama di kala krisis seperti ini.

- Enthusiasm - Semangat, antusias yang luar biasa. Ini penting. Kalau para pemimpinnya loyo, maka anak buah, team pasti loyo. Mulailah semangat dari anda, para pemimpin.

- Appreciation - apresiasi tim kita, apa yang mereka lakukan, kerja bersama-sama dan hargai satu dengan yang lain.

- Maturity - kedewasaan sangat penting dalam masa krisis. Kedewasaan akan membawa diri kita ke tingkat yang berbeda, tidak mememtingkan diri sendiri, memikirkan yang terbaik untuk bersama.

- Warrior - berjiwa panjang menyerah, kita adalah pejuang, Tanamkan itu di pikiran kita. Kita sanggup karena Tuhan bersama kita.

- Organizer - kita ajak bersama-sama, mengorganisasi dengan tepat, berpikir dengan sistematis, berorganisasi dengan baik

- Responsiblity - penuh tanggung jawab dan dapat dipercayai.

- Kindness - kita harus saling rendah hati, saling menolong.

Inilah yang akan membuat tim kita semakin solid, semakin siap dan selalu berpikiran positif. Mereka inilah TALENTA terbaik kita. Para talenta ini kita harus berikan spirit, motivasi. Mungkin salary atau income yang diberikan tidak seberapa, tapi menghargai mereka adalah sangat penting. Bukan dengan angka mereka dihargai tapi dengan penghargaan (apresiasi) terbaik yang bisa kita berikan. Inilah take and give yang seimbang.

Oleh karena itu, berikan strategi yang jelas di kala krisis. Kita harus bisa menciptakan Learning Organization di saat-saat seperti ini. Berikan mereka target belajar hal baru bila mereka tidak bisa bekerja di lapangan. Inilah EVOLUSI yang diharapkan dalam perusahaan yang dinamis.

Seperti kata ayat kita hari ini, marilah kita saling mendukung, saling MEMPERHATIKAN, saling MENDORONG DALAM PEKERJAAN BAIK. Inilah kunci utama dari TEAMWORK kita.

Kelima bahan ini berasal dari summary buku Crisis to Win - pak Salim Kartono.

Tetap semangat dalam Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022