Jurus Kedua Keluar Krisis - CREATE


Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu. (Yakobus 4:15)



Manusia diciptakan Tuhan dengan sempurna, bahkan serupa dengan Allah. Tapi manusia tetaplah manusia yang penuh dengan dosa dan salah, serta lebih mementingkan diri sendiri. Manusia juga diberikan kemampuan untuk bisa menciptakan, menemukan, dan inilah berkat terbesar dari Tuhan.

Dalam ilmu marketing, kita mengenal 4 P (Product, Price, Place, Promotion), tapi dalam kondisi sekarang kita harus menambah 1 P lagi, yaitu Pasar / market. 

Pasar ini yang sekarang menjadi 'hilang' karena pembatasan sosial berskala besar yang berlaku, serta kita mulai melihat adanya hal berikutnya, perubahan pola pembelian konsumen. 

Sekarang ini, sudah hampir semua mulai terbiasa untuk memesan makanan online, terutama di kalangan menengah. Sekarang bertambah lagi, memesan sayur mayur online, dan ini semua merubah pola belanja kita. 

Pengalaman yang ingin kita bentuk dengan konsumen datang ke toko kita jadi berubah, kita sekarang mempercantik tampilan website dan app kita. Inilaih pentingnya INOVASI. 

Tuhan mengijinkan semua inovasi bisa manusia lakukan, karena inovasi adalah cara kita keluar dari krisis. Inovasi dimulai dengan pemikiran untuk mencipta, menemukan hal-hal baru, dan pada saat krisis menghadang, pemikiran ini menjadi semakin cepat , daya pikir manusia yang Tuhan berikan akan berpikir keras.

Dalam keadaan krisis sekarang, kita akan berpikir efektif dan efisien. Demikian pula dengan konsumen kita. Mereka akan cenderung berhemat dan memfokuskan pengeluaran kepada yang sangat penting.

Inilah saatnya kita memikirkan Blue Ocean Strategy. Untuk itu kita harus melakukan SENSING (lihat Jurus Pertama). Kadangkala permintaan konsumen adalah diciptakan bukan diperebutkan. 

Pendekatan Blue Ocean Strategy sendiri bisa berangkat dari hal yang baru, totally new, atau juga merupakan hasil (output) dari Red Ocean (Pasar yang jenuh dan berdarah-darah). Dalam industri kami, CCTV sekarang sudah hancur harganya, tapi CCTV Thermal masih mendapatkan marketnya. Inilah kejelian kita untuk bisa mencari solusi yang tepat, dan CCTV Thermal sekarang sedang dibutuhkan di banyak tempat.

Dalam mempersiapkan CREATE ini, kita perlu PERENCANAAN. Maka mulailah, sambil WFH, kita bisa melakukan :
- riset konsumen kita, tanya apa yang mereka butuhkan saat ini
- tetap pertahankan pemasaran / sales kita
- sesuaikan dengan portofolio kita, karena pasti ada perubahan
- cari distributor atau principal yang mendukung
- mau tidak mau, harus sesuaikan harga
- upayakan marketshare

Dalam konsisi seperti ini, konsumen akan cenderung mencari harga ekonomis dan tahan lama. Dan ini akan ditemui di brand atau merek terkenal, atau yang mereka sudah kenal. 

Maka tetap dalam masa ini, kita harus tetap PROMOSI yang efektif. Sekarang semua orang buka website dan sosmed, maka beriklanlah disana. 

Proses CREATE ini pun tetap harus melibatkan Tuhan, sang Kreator. Karena tanpa Dia, semua upaya dan usaha serta perencanaan kita akan sia-sia.






Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022