Hidup berkenan Allah

1 Tawarikh 28:20 (TB)  Lalu berkatalah Daud kepada Salomo, anaknya: "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, dan lakukanlah itu; janganlah takut dan janganlah tawar hati, sebab TUHAN Allah, Allahku, menyertai engkau. Ia tidak akan membiarkan dan meninggalkan engkau sampai segala pekerjaan untuk ibadah di rumah Allah selesai.

https://alkitab.app/v/70c49ad1a287

Rasa takut pada hal tertentu: takut kehilangan kedudukan, takut tidak kebagian proyek, takut hidup susah, takut tidak mendapat jodoh, takut ditinggalkan teman, dll.

Seolah rasa takut tiada habis dalam hidup kita.

Hal itu dapat menggerus iman dan menggeser prioritas kita, dari hidup yang meninggikan nilai, menjadi hidup yang membelakangi nilai; dari menghidupi kebenaran, menjadi pemanjaan hasrat yang menafikan kebenaran. Celakanya, kita tak selalu bisa menghindari hal-hal menakutkan seperti itu.

Salomo rasakan itu. Mengemban tugas berat, penuh rintangan dan tantangan. Dan Daud mengingatkan dan menguatkannya.

Pernahkah sadar bahwa kita menemukan 'Daud' ini dalam kehidupan kita. Mereka mengingatkan kita, menguatkan kita dari ketakutan yang kita hadapi. Dan kita akhirnya menjadi lebih berani.

Itu bukan soal agar hidup menjadi mudah, melainkan soal tekad untuk memilih hidup yang bernilai: bertahan pada kebenaran, dan rela memikul konsekuensinya. Mengapa? Karena ada hal yang lebih besar dan lebih penting ketimbang rasa takut itu, yakni hidup yang bernilai, hidup yang berkenan di hadapan Tuhan.


Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022