Pencuri Kecl

Yohanes 12:5-6 (TB)  "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"
Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

https://alkitab.app/v/b8f620a9c228

Suatu ketika, karena terlalu percaya dengan orang keuangan. maka banyak terjadi penyimpangan. Apakah kita tahu dimana itu semua dimulai? Salah satunya dari adanya uang kas kecil, atau dikenal juga dengan petty cash.

Ini kadang nilainya tidak seberapa, mungkin sekarang receh kita sebutnya. Tapi tahukah apa jadinya receh dikumpulkan dalam beberapa hari, beberapa minggu, bahkan tahunan. Bisa jutaan juga.

Itu dia sebabnya, kita harus menegur tim kita , atau mungkin diri kita sendiri yang melakukan kesalahan ini, pencuri kecil istilah saya.

Tidak hanya uang kas, mungkin juga dana lain kita selewengkan.

Maka kami menekankan satu hal penting bagi kami semua, tim kami, yaitu kejujuran.

Kejujuran akan membuat kita percaya. Tanpa kejujuran kita tidak akan bisa hidup dengan baik.

Suatu ketika, saya bertemu dengan kawan lama, dan dia sangat tahu kehidupan susah waktu saya kecil, dan ia bertanya, apa resepnya. Jawab saya singkat. Kejujuran. Itu kuncinya.

Lalu apa yang harus kita lakukan, bila kita mengetahui tim kita tidak jujur. Panggil, tegur dan ingatkan. Agar tidak diulangi lagi. Kita tetap mengutamakan kasih diatas segala sesuatunya, tapi tetap pelanggaran harus diingatkan, dan bahkan perlu dihukum dengan surat peringatan.

Ini bukan cara kita menghukum, tapi adalah cara Tuhan mengingatkan orang yang tidak berlaku jujur, agar ingat dan mensyukuri kasih Tuhan.



Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022