Nyatakan kasih kepada tim Anda





Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.
Efesus 5:1-2


Sebagai seorang bos dalam sebuah perusahaan, Anda pasti menginginkan karyawan bekerja dengan senang serta nyaman dalam bekerja. Dalam Hal ini kebanyakan bos kebingungan menerapkan kebijakan akan hal tersebut dan membutuhkan kerja keras untuk melakukannya, Padahal sebenarnya banyak hal yang perlu anda coba dan lakukan agar karyawan anda dapat bekerja dengan baik, nyaman dan bahagia. Hal Tersebut dapat diwujudkan dengan hal sederhana berikut ini :
• Berikan karyawan kesempatan bekerja sendiri Tanpa Tekanan
Satu hal yang membuat karyawan tidak termotivasi adalah bos yang terlalu banyak kontrol dan pengawasan alias sering marah-marah tanpa sebab. Hal tersebut membuat karyawan merasa tertekan dan merasa tidak betah untuk berkarir diperusahaan tersebut karena setiap hari pikiran mereka tertekan akan bos yang emosional tersebut. Jika Inginkan Karyawan anda bekerja dengan baik dan nyaman untuk bekerja dan memberi lebih untuk perusahaan anda maka berilah kesempatan kepada karyawan anda untuk bekerja sendiri alias kepercayaan penuh agar mereka termotivasi untuk berkarir lebih dan nyaman dalam menjalankannya tanpa harus ada tekanan dari anda.
• Jalin Hubungan Baik Dengan Karyawan Anda
Luangkan waktu Anda di saat makan siang atau istirahat sore untuk menjalin keakraban bersama karyawan. Seperti tegur sapa ketika pagi dan sore diwaktu luang waktu dan sempatkan untuk menanyakan hal yang perlu anda tanyakan kepada mereka dan upayakan tidak kaku dan mencerminkan jika diri anda adalah seorang bos kepada mereka.
• Anda Harus Transparan Kepada Karyawan Anda
Jangan pernah anda menutupi mengenai apa bisnis yang anda jalankan dalam perushaan anda tersebut, Jujurlah tentang hal yang menyangkut bisnis perusahaan supaya karyawan merasa dihargai dan dipercaya ketika bekerja pada perusahaan yang anda miliki tersebut.
• Menerima Masukan Serta Mendukung Ide Dari Karyawan Anda
Jika anda seorang bos yang sangat perhatian dan ingin membuat karyawan anda merasa nyaman dan bahagia bersama anda, Ajaklah karyawan anda dalam hal membuat keputusan bisnis dan dengarkan masukan serta ide mereka jika mereka ingin menyampaikan ide mereka karena kita tahu jika pendapatkan seseorang dihargai dan di dengarkan maka mereka akan lebih siap dan semangat untuk melakukannya seperti bekerja lebih baik untuk perusahaan yang anda kelolah.
• Berikan Prestasi Sebuah Keberhasilan Kepada Karyawan Anda
Perlu anda ketahui dan mungkin anda telah mengetahuinya jika Orang sangat senang dihargai dan diakui ketika berhasil melakukan sesuatu. Begitu juga dengan seorang karyawan yang bekerja untuk anda. Jika mereka selesai menyelesaikan sebuah bisnis dan pekerjaan yang sangat penting untuk perusahaan anda maka anda baiknya anda sebagai bos memberikan penghargaan untuk mereka agar mereka merasa dihargai dan karyawan akan mereka lebih bahagia dan nyaman untuk bekerja lebih untuk anda.
• Berbagi Perhatian Kepada Karyawan Secara Menyeluruh
Jangan memperlakukan karyawan dengan baik hanya kepada salah satu karyawan yang berprestasi saja karena akan berdampak buruk kepada karyawan lain yang akan menimbulkan sosialisasi yang buruk antar karyawan anda nantinya. Jika anda merupakan bos yang baik maka anda tidak perlu membedakan mana yang karyawan yang berprestasi mana yang belum, semua itu tentunya butuh proses dan jika anda mengawasi mereka dengan perhatian yang baik maka mereka akan berjalan lebih baik lagi untuk berprestasi juga.
• Perlihatkan Tingkah Laku Anda seorang Bos atau pemimpin yang baik bukan Berpura-pura Saja
Sebagai pemimpin, Anda harus melihat perilaku dan bahasa tubuh diri sendiri sebagai seorang bos atau pemimpin sejati bukan sekedar ingin dilihat saja sebagai seorang bos dalam perushaan tersebut. Kebanyakan yang terjadi mereka berlaku sewenang-wenangnya jika telah menjadi bos tanpa menghiraukan keadaan lingkungan perusahaannya sehingga menimbulkan efek buruk terhadap karyawan dan lingkungan perusahaan tersebut. Tanyakan kepada diri Anda, apakah sudah mengirimkan pesan optimis dan positif kepada seluruh karyawan akan hadirnya adan sebagai leader mereka.
Apakah anda sudah menjadi seorang pemimpin yang dibutuhkan mereka atau hanya sekedar bos saja tanp ahrus peduli dengan mereka. Itulah beberapa hal mungkin anda terapkan jika anda seorang bos saat ini atau sebagai modal jika suatu saat nanti anda menjelma menjadi seorang bos. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu