10 ciri kepemimpinan yang tidak efektif

Mungkin kita sangat sering mendengar dan membaca Kepemimpinan Efektif, tapi tetap saja, tanpa sadar kita melakukan yang tidak efektif, nah berikut ini adalah daftar nya :


  1. Menunjukkan sikap "Lakukan seperti yang saya katakan , bukan seperti apa yang saya lakukan"
  2. Menciptakan rasa takut supaya karyawan melaksanakan tugas tugasnya
  3. Kurang melatih karyawan (karena mengganggap yang bertanggung jawab untuk melatih adalah HRD)
  4. Merasa lebih tinggi, karenanya harus dihormati. Kadang harus disembah dan disanjung, anak buah harus membungkuk-bungkuk untuk melayani atasan jenis ini
  5. Hanya jadi "tukang suruh". Pola pikir yang ia miliki: " sebagai atasan, tugas saya memberikan tugas dan menagih hasilnya ". Tipe atasan seperti ini malas mengembangkan anak buahnya.
  6. Hanya mau menerima masukan yang baik - baik saja, dan sulit menerima kritikan atau masukan negatif dari anak buahnya. Akibatnya, atasan seperti ini seringkali terlambat mengedus permasalahan di tingkat bawah. Seringkali ia baru tahu atau menjadi sadar setelah kejadian atau menjadi bonyok.
  7. Tidak mau dipersalahkan . Kalau muncul suatu permasalahan , ia selalu cari kambing hitam dengan menyalahkan orang lain, atau anak buahnya. Kalaupun jelas ia yang melakukan kesalahan , tipe atasan yang buruk tidak akan pernah berkata "saya minta maaf" , yang terjadi , dia malah menuding ke kiri dan ke kanan.
  8. Cenderung ke satu arah. Jarang menghargai pendapat atau ide orang lain. Selalu merasa pendapatnya yang terbaik. Jarang mengadopsi ide ide karyawan. Jarang memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan gagasan. Selalu mau menang sendiri saat rapat atau perdebatan.
  9. Membatasi komunikasi dengan anak buah. Cenderung menjaga jarak dan berkomunikasi seperlunya saja.
  10. "lempar batu sembunyi tangann" ketika anak buah mengalami kesulitan. Atasan jenis ini tidak mau repot turun ke bawah , dan sama sama memikirkan solusi yang terbaik. Dan tipe ini mau terima beres. Bila anak buah meminta pendapat , ia selalu menggunakan berbagai jurus untuk menghindar .
Apakah Anda seperti ini ?

Evaluasilah diri kita semua , untuk hal yang lebih baik.

"Dari buku: Morning Briefing at work - Freddy Liong MBA, CBA"

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022