Ditipu


Mazmur 101:7  Orang yang melakukan tipu daya tidak akan diam di dalam rumahku, orang yang berbicara dusta tidak akan tegak di depan mataku.

Pengalaman ditipu atau tertipu pasti harus dialami pengusaha. Mengapa?

Tahun 2008, anak kawan di gereja menjadi pengusaha muda di kota Balikpapan. Saya kesana untuk membantunya menyelesaikan suatu pekerjaan di bank. Setelah pekerjaan selesai, dengan berbagai alasan, saya tidak dibayar hingga saat ini. Mungkin alasannya dicicil, tapi entah kapan saya lupa terakhir dia mencicil. Waktu itu, saya bertanya kepada Tuhan, mengapa Dia ijinkan terjadi. Jawabannya saya pahami beberapa bulan kemudian, bahwa Sang Pemberi Berkat mengajarkan kami untuk tidak bergantung kepada manusia, melainkan berpengharapan kepada Tuhan. BerkatNya tidak pernah berkekurangan dariNya dan kami terus dipelihara.

Belum lama ini terjadi lagi, bahkan dengan tim yang pernah bekerjasama baik dahulu. Sekarang ribuan dollar hilang belum jelas kembalinya. Kami pernah membuat perjanjian untuk menyelesaikan lewat jalur hukum, tapi sampai sekarang jalan itu saya belum lakukan. Disinilah kembali kesabaran kita diuji.

Menjadi pengusaha muda dan kemudian menipu orang lain untuk menguntungkan diri sendiri dengan berbagai alasan tentu tidak akan membuat usaha menjadi langgeng. Penipuan dan pembohongan kerap akrab dengan pengusaha,  maka disinilah iman kita kembali diuji.

Jadilah pengusaha jujur dan tidak membohongi sesama maka niscaya usahamu akan diberkati Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022