Kabur dari masalah

Kejadian 31:29 (TB)  Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam: Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah kata pun.

https://alkitab.app/v/93bb97df4430



Kadang pada saat kita berbuat salah, kita menjadi takut. Lalu apa kecenderungan kita ? Takut dan kabur seperti Yakub.

Itu yang seringkali kita hadapi dalam keseharian kita, termasuk waktu kita bekerja dalam perusahaan, usaha kita. Pada saat kita salah, karena banyak hal. Salah membuat perhitungan, salah menginput, salah menghitung, salah waktu menghadapi customer, salah karena telat terlambat membayar ke mitra. Apakah kita kabur ? Cenderung melarikan diri, tidak mau bertanggung jawab dan tidak mau tahu?

Itulah yang seharusnya membedakan kepemimpinan kita, karena teladan dan petuah hidup kita ada di Alkitab. Yakub, pilihan Allah pun pernah merasakan seperti itu.

Takut atas salahnya kepada Laban, dia kabur. Padahal dibalik semua itu, Tuhan mengatur rencana.

Inilah yang tidak kita lihat, tidak kita sadari. Ada rencana Tuhan dibalik semua masalah dan ketakutan yang kita hadapi. Dan pasti pada akhirnya kita bisa mengambil intisari, kesimpulan dari apa yang dimaksud Tuhan.

Melarikan diri, menghindar dan bahkan kabur dari masalah tidak akan menyelesaikan masalah. Karena yakinlah ada rencana Tuhan dibalik semua itu. Bagaimana kita bisa tahu ? Kita tahu karena kita mengenal Allah yang setia.

Kembali lagi, kekuatan dan penyerahan diri kepada Allah yang setia itulah yang menguatkan kita dalam menghadapi masalah.

Baru saja kami mengalami keterlambatan pembayaran dari mitra dalam jumlah besar. Dan kami mengevaluasi kembali, ada apakah dibalik semua ini ? Apakah rencana Allah yang tidak kami lihat dari masalah ini? Bagaimana kita harus bersikap dan menyelesaikan semua ini ?

Bahkan rencana Allah pun menuntut kesabaran kita, tapi karena kita mengenal Allah yang setia, kita tidak menjadi takut dan kuatir.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022