Sabar dan Tabah

1 Timotius 1:16 (TB)  Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.

https://alkitab.app/v/d0ece6391f81

Tuhanku sabar, maka aku harus sabar. Tapi ada satu tingkat lagi di atas sabar, yaitu tabah.

Kadang saya berkata 'sabar ya', tapi jarang saya berkata 'tabah ya'. Kalimat itu biasanya muncul saat kita melihat tekanan, penderitaan , kesulitan luar biasa, diatas ambang kesabaran.

Sabar sendiri sering kita maknai 'tunggu dulu' , 'belum saatnya' , dimana lebih mengarahkan orang untuk menahan diri dari tekanan luar. Tapi tabah melebihi sabar, melewati dan mungkin dari tekanan internal, dalam diri sendiri.

Sabar dan tabah mungkin bisa berarti sama, sama-sama menahan, meskipun sabar lebih banyak berarti positif, tabah lebih brarti negatif.

Lalu sebagai pengusaha, kita yang mana? Keduanya. Sabar menghadapi tekanan, sabar menghadapi karyawan, sabar menunggu pembayaran. Sabar menghadapi segala sesuatu. Tapi mungkin ada saatnya harus tabah menjalani.

Orang bisa diminta sabar, tapi dia malah lari, kabur dari masalah. Tapi tabah lebih tahan, menjalaninya, meskipun tidak mudah.

Jadilah sabar, dan siap untuk tabah.

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022