Sukses atau Bertumbuh

Kembali, siapa yang tidak mau sukses. Semua orang di dunia ini ingin sukses, dalam berbagai hal. Mungkin dalam berkarier, berumah tangga, hingga menjadi pengusaha atau politikus terkenal. Semua ingin sukses. Tapi apakah iman Kristen kita mengajarkan kesuksesan ?

Mari kita lihat lebih jauh.  Di Alkitab, saya yakin kita tidak akan menemukan kata 'sukses', tapi ada kata 'berhasil' dan 'berkat' yang mungkin sangat banyak ditemukan. Berkat umumnya diartikan sebagai karunia berwujud, berbentuk benda secara materi. Tapi dalam Alkitab, khususnya Perjanjian Lama, orang yang diberkati adalah orang yang hidupnya berpusat kepada Tuhan. Maka berkat yang sesungguhnya adalah Tuhan sendiri. Dalam Perjanjjian Baru, berkat lebih kepada puji-pujian kepada Tuhan, ungkapan syukur atas berkat yang Tuhan berikan. 

Kemudian kata 'berhasil', dalam PL, dikaitkan dengan Tuhan yang selalu membuat orang berhasil. Sedangkan dalam PB, berhasil dikaitkan kepada orang yang berhasil mengenal Tuhan lebih baik dan benar. Perhatikan kesamaannya, semuanya mengarah kepada Tuhan. Oleh karena itulah, sukses kita sebagai orang Kristen, adalah dari Tuhan, untuk Tuhan. Tujuan utama hidup kita bukan kesuksesan materi, melainkan berhasil mengenal Tuhan dengan baik dan benar, mengarahkan tujuan hidup kita untuk Tuhan, dan kita akan menerima dan senantiasa bersyukur atas berkat Tuhan. 

Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu