temukan arti baru dibalik STRES

"temukan arti baru dibalik STRES = Sejahtera Tuhan Rasanya Enak Sekali ! pasti semua orang mau stres yang ini.."

Ya, memang tekanan hidup tidak akan pernah selesai dalam hidup kita, terutama juga dalam kehidupan pekerjaan (dan pelayanan) kita.

Tapi kembali kepada Firman "Damai sejahtera Allah ... akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus (Filipi 4:7)" 

Bagaimana caranya ?

  1. Tetaplah fokus. Memang tekanan dan stress akan membuat kita tidak bisa tidur, tidak bisa berpikir, dan mungkin terjadi berhari-hari. Selama masalah itu terus ada dalam otak kita, maka sulit bagi kita untuk melepaskan. Fokus kita kepada apa? lihat point berikut nya.
  2. Berdoalah. Ini yang mungkin jarang kita lakukan. Kita langsung ke pokok masalah. Tapi ambillah waktu sejenak , untuk berdoa. Meminta pimpinan Tuhan.
  3. Pikirkan jalan keluar, bukan penyebab masalah. Seringkali fokus kita mencari penyebab, dan pelaku masalah. Maka tentu bukan jalan keluar yang kita dapatkan , tapi saling menyalahkan, dan saling membela diri. Cobalah menarik diri, dan pikirkan dari pola pandang yang lain. Misalnya kita sebagai customer, kita sebagai vendor, posisi yang berbeda dengan yang kita hadapi.
  4. Pikirkan detail penyelesaian. Setelah kita mengetahui penyebab, dan memikirkan alternatif solusi-solusi yang ada, maka kita pikirkan tahapan, jalan, cara menyelesaikannya secara detail.
  5. Tentukan target penyelesaian. Masalah jangan disimpan, jangan ditunda, demikian juga dengan penyelesaiannya. Tentukan target, bisa berupa tanggal, waktu, kondisi, semua yang bisa menandakan penyelesaian yang selesai. 
  6. Evaluasi. Seringkali kita lupa, dan mungkin terjebak dengan kesalahan yang sama. Oleh karena itu, kita harus memfokuskan juga kepada evaluasi, mereview ulang dan mengambil keputusan agar tidak terkena, terjebak dan mengalami masalah yang sama.
Dengan menerapkan tahapan di atas, maka percayalah, damai sejahtera yang Tuhan berikan, akan bersama dan memimpin kita. Inilah bentuk memelihara hati dan pikiran kita, yang Tuhan telah berikan.

Selamat menemukan arti baru dibalik STRES !


Comments

Popular posts from this blog

Guru Palsu

Menutup Tahun 2022